Searching...

SOLUSI SCTV/INDOSIAR HILANG TIMBUL

7/06/2016


SCTV dan INDOSIAR

SCTV dan INDOSIAR berada pada satu frekwensi, namun berbeda Sid (service ID) saja. Oleh sebab itu jika SCTV hilang tentu Indosiar juga ikut menghilang.
Beberapa bulan terakhir Chanel. tersebut memang kerap kali berubah-ubah frekwensinya di satelit palapa D.
Bahkan tahun kemarin channel inilah yang sering kali lemah signalnya. Namun hal ini tentu berbeda dengan saat artikel ini dibuat.
Karena sekarang sudah lebih bagus kualitas signalnya dibanding sebelumnya. Meski begitu, sampai saat ini masih ada saja yang bingung karena channel ini sering hilang timbul di TV parabola.

Jika kalian menggunakan jenis receiver mpeg2. Maka kejadian hilang timbul kerap kali terjadi. Terkadang saat pindah channel dari RCTI kemudian ke SCTV atau Indosiar lama sekali bukanya. Bahkan tidak jarang keluar tulisan tidak ada signal ( no signal) di layar TV.
Namun beberapa saat kemudian baru muncul signalnya. Hal ini tentu akan sangat menyulitkan kita saat melakukan tracking channel tersebut.
Tapi tidak usah khawatir karena kerusakan bukan pada receivernya. Jadi jika kalian tidak ingin channel tersebut selalu hilang timbul atau lama bukanya adalah dengan mengganti jenis receiver terbaru khususnya yang sudah mendukung MPEG4 HD (bukan promosi ya)

Namun dengan upgrade receiver ke mpeg4 HD kita bisa mendapatkan channel SCTV dan Indosiar Mpeg2 dan Mpeg4. Sehingga akan ada 2 channel yang sama tapi beda frekwensi dan kualitas gambar. nah berikut ini adalah frekwensi terbaru dari channel tersebut di satelit Palapa

Mpeg2
Frekuwensi: 3999
Polarisasi: H ( Herizontal )
Symbol Rate: 8500

Mpeg4
Frekuwensi: 3756
Polarisasi: H ( Herizontal )
Symbol Rate: 6250

Acara yang ditayangkan di SCTV kebanyakan adalah sinetron sedangkan di Indosiar selain sinetron ada ajang pencarian bakat. Meski begitu channel ini juga menayangkan secara live liga Inggris (Barclays Premiere League), namun hanya di TV telestrial UHF. Kalau di tv parabola jelas di scramble atau diacak.
Jadi bagi kalian yang masih bertanya-tanya kenapa channel ini bukanya lama di TV atau sering tidak ada sinyal. Maka cukup bersabar saja ya semoga kalau ada ada rejeki bisa beli Receiver yang baru yang sudah mendukung Mpeg4.

Begitulah sedikit pengalaman saya dalam mengatasi SCTV dan INDOSIAR yang sering hilang timbul. Semoga dengan di tulisnya artikel ini dapat membantu sedikit masalah sahabat semua yang hobi dengan dunia parabola.



0 komentar: