Searching...

Mengatasi Blue Screen

7/06/2016


Blue Screen

Blue Screen di komputer yang kadang-kadang disebut sebagai Stop Error dan juga Black Screen Error bisa terjadi karena suatu masalah serius yang menyebabkan komputer kalian melakukan shutdown atau restart secara tiba-tiba.

Masalah serius yang saya maksud bisa disebabkan oleh masalah pada Hardware dan juga Software,dan masalah ini bisa susah untuk di perbaiki pada kondisi tertentu.

Buat kalian yang belum tau apa itu BLUESRCEEN,ciri-cirinya adalah start menu dan taskbar tidak akan terlihat pada layar computer/laptop kalian,layar komputer kamu juga jadi berwarna biru dengan pesan yang menyebutkan bahwa “Windows has been shut down to prevent damage to your computer.” atau juga pesan yang bertuliskan “Your PC ran into a problem and needs to restart.

Adapun sedikit cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi Blue Screen di Komputer kalian sebagai berikut:

1. Blue Screen terjadi setelah sebuah update terinstal
Blue Screen bisa saja terjadi saat kamu melakukan update tertentu ataupun menginstal suatu driver di komputer kalian.
Cara mengatasinya tergantung bagaimana kondisi komputer kamu.Kondisi yang saya maksud adalah yaitu bisa mengakses Desktop atau tidak.


  • Kondisi Pertama: anggap saja Komputer masih bisa mengakses Desktop Jika komputer kamu masih bisa mengakses desktop cobalah menguninstal update maupun driver yang baru saja terinstal pada komputer kalian. Jika update maupun driver yang belum lama kalian instal lebih dari satu,mungkin kalian perlu menghapus semuanya jika kalian tidak mengetahui kira-kira update ataupun driver mana yang mengakibatkan Blue Screen. Menguninstal update bisa melalui Installed Updates.
Cara buka Installed Updates :
Buka search box di taskbar, lalu ketikkan View installed updates, dan klik untuk membuka nya


Buka Control Panel, Control Panel bisa dibuka melalui Windows+R lalu ketikkan Control Panel lalu klik OK atau Enter


Setelah Control Panel terbuka lalu pilih Programs


lalu pilih View installed updates


Klik Installed On untuk mengurutkan update yang terinstal berdasarkan waktunya


Klik dua kali program untuk menguninstal program.Klik Uninstall untuk melanjutkan Uninstall


Setelah program diuninstal,langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah block update dari instal otomatis agar nanti tidak terinstal kembali dan menyebabkan Blue Screen lagi.

yang di maksut block update dari instal otomatis adalah matikan instal atomatis pada windows update untuk tutornya kalian bisa lihat di SINI

Kondisi Kedua: Komputer tidak bisa mengakses Desktop Jika komputer kalian tidak bisa menuju Desktop dan komputer terus mengalami restart, maka komputer kalian akan memasuki automatic repair

Setelah di automatic repair,pada saat layar menampilkan Choose an option, pilih Troubleshoot > Advanced options > System Restore.Cara ini akan megembalikan komputer kamu ke dalam kondisi terakhir saat kalian membuat restore point,jika kalian merasa tidak pernah melakukan/membuat restore point,biasanya restore point dibuat pada saat kalian menginstal aplikasi baru, driver, maupun pada saat kalian melakukan update9

Mengembalikan PC/Komputer kalian ke point terakhir akan menghapus pembaruan dan driver yang diinstal setelah restore point dibuat.Dengan melakukan restore point ini tidak akan mempengaruhi file pribadi kalian (tidak akan terhapus)

Bila cara kedua ini berhasil
Seperti cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah block update dari instal otomatis agar nanti tidak terinstal kembali dan menyebabkan Blue Screen lagi.
yang di maksut block update dari instal otomatis adalah matikan instal atomatis pada windows update untuk tutornya bisa kalian lihat di SINI

Wajib yang perlu kalian ketahui 
Hardware baru kadang-kadang dapat menyebabkan masalah Blue Screen.Jika kalian baru saja menambahkan hardware baru ke komputer kalian, langkah yang perlu kalian lakukan adalah mematikan/shut down komputer kalian, cabut hardware baru, dan kemudian restart komputer kalian.

Semoga artikel kali ini yang membahas masala bluescreen dapat membantu masalah yang terdapat pada kalian.
Terima kasih telah sudi berkunjung ke jeramiNET.


0 komentar: