Searching...

USB Flashdisk Write Protected

6/15/2016
USB Flashdisk Write Protected

Cara memperbaiki USB Flashdisk yang Write Protected tanpa sengaja saya alami ketika sedang meminjam Flashdisk yang dibutuhkan untuk meng-copy data dari Laptop. sodara saya yang meminjamkan Flashdisk tersebut menyuruh saya untuk memformat saja Flashdisk-nya dengan alasan banyaknya virus pada USB flashdisk miliknya tersebut
Tetapi ketika saya akan memformat Flashdisk tersebut tidak tau kenapa muncul tulisan The Disk is Write Protected, begitu juga ketika saya mencoba untuk menghapus isi flashdisk maupun membuat file atau folder baru,
selalu muncul pesan The Disk is Write Protected seperti gambar di Atas.

kebetulan dalam laptop yang saya bawa tidak terdapat software-software yang biasa saya pakai untuk memperbaiki flashdisk,
maka saya coba untuk mematikan laptop terlebih dahulu dan menghidupkannya kembali dan mencoba memformat flashdisk tersebut,
dan tetapi ternyata kondisi hasilnya tetap masih sama dengan sebelum nya, flashdisk tidak bisa diformat
Terus saya pun kemudian mencoba download sebuah aplikasi HP USB Format Tool yang biasa saya pakai untuk memperbaiki Flashdisk 0 byte,
tetapi setelah dijalankan tetap saja Flashdisk tidak mau di format, sempat terpikir untuk memformat Flashdisk dengan perintah DISKPART tetapi entah kenapa lupa ga saya coba.

Akhirnya tanpa mikir panjang lebar saya mencoba memformat flashdisk tersebut  melalui Windows Safe Mode, dan ternyata cara saya tersebut berhasil, USB Flashdisk yang Write Protected tersebut berhasil diformat meskipun prosesnya cukup lama.
Untuk memastikan bahwa kondisi flashdisk sudah normal, maka laptop saya restart dan booting secara normal kemudian mengecek lagi kondisi Flashdisk dengan memasukkan data dan mendeletenya dan ternyata bisa. akhirnya USB Flashdisk yang Write Protected telah berhasil diperbaiki.

Adapun cara yang saya lakukan sebagai berikut, simak di bawah.. :)

USB Flashdisk Write Protected melalui Safe Mode:

  • Restart komputer / laptop anda
  • Setelah BIOS selesai melakukan POST atau sebelum logo Windows muncul cepat-cepat tekan tombol F8, apabila ga mau ribet tekan aja tombol F8 sejak komputer mulai booting tampilannya seperti di gambar
  • Pilih Safe Mode dan lanjutkan dengan cara menekan enter
  • Setelah login ke Windows, colokan flashdisk ke perangkat anda lalu format USB Flashdisk dengan cara klik kanan pada USB Drive lalu klik Format, kalo saya memilih yang quick format.
  • Jika kalian berhasil akan muncul message "Format is Complete"
Gimana sebenar nya mudah bukan, hanya saja kita belum tau cara gimana memperbaiki makanya terliat sulit, apalagi kalo kita orangnya malas untuk mencoba atau belajar,, :)

Sekian dulu artikel ini saya tulis. terima kasih atas kunjungan nya di blog saya.

0 komentar: